Selamat datang di blog mungilku. Jangan lupa isi komentar anda atau buku tamu. Selamat mencoba semoga sukses. Terima kasih atas kunjungan anda. Dapur Bundanya GalPus: Lidah Kucing

Selasa, 29 Maret 2011

Lidah Kucing


Recipe by : @Veronicadhani
Rebaked by : Bunda GalPus

Bahan A :
  • 160 gram butter (saya 100 gram butter + 60 gram margarin)
  • 100 gram tepung terigu protein rendah
  • 35 gram maizena
  • 30 gram susu bubuk
  • 1 sdt pasta vanilla
  • 2 sdt poppy seeds (optional)
Bahan B :
  • 120 ml putih telur
  • 50 gram gula halus

Cara membuat :
  1. Kocok butter dan margarin sampai lembut, kurangi kecepatan paling rendah, tambahkan tepung terigu, maizena, susu bubuk, pasta vanilla dan poppy seeds, kocok sebentar hingga rata. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur sampai mengembang. Masukkan gula halus secara bertahap sambil tetap dikocok. Kocok hingga soft peak.
  3. Tuang putih telur ke adonan tepung secara bertahap, aduk hingga rata dan halus.
  4. Masukkan ke dalam piping bag, gunting ujungnya lalu cetak di loyang lidah kucing yang sudah dioles margarin.
  5. Oven dengan suhu 150'C hingga matang kuning kecoklatan (sesuaikan oven masing2).
  6. Angkat. Dinginkan lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara.

*Tips anti gagal agar lidah kucing tidak menempel di loyang dan mudah dilepaskan (sumber : Sajiansedap).

  1. Pilih jenis loyang yang mengkilap. Loyang seperti ini biasanya masih punya lapisan coating yang bisa membuat kue kering tidak menempel.
  2. Sering-sering mengganti loyang lidah kucing. Semakin pudar lapisan coatingnya (semakin tidak mengkilap) maka kemampuan loyang untuk membuat kue tidak menempel juga makin menurun.
  3. Loyang boleh dioles margarin yang cukup tebal. Baiknya menggunakan mentega putih supaya lidah kucing tidak menempel di loyang dan mudah dilepaskan.
  4. Kue lidah kucing harus segera dilepaskan dalam keadaan panas-panas. Ketok saja loyangnya sedikit, maka kue lidah kucing akan segera lepas. Tapi, kalau sulit, sodok saja dengan spatula.
  5. Kalau kue lidah kucing mulai dingin dan sulit lepas, masukkan lagi loyang ke dalam oven sebentar saja. Nantinya, lidah kucing akan mudah lepas lagi.
  6. Mengocok putih telur harus menggunakan wadah dan alat mikser bebas lemak (cuci bersih peralatan hingga tdk ada lemak dari margarin atau minyak).