Selamat datang di blog mungilku. Jangan lupa isi komentar anda atau buku tamu. Selamat mencoba semoga sukses. Terima kasih atas kunjungan anda. Dapur Bundanya GalPus: Pengenalan Alat

Rabu, 30 Maret 2011

Pengenalan Alat

Ada kalanya sebelum kita membuat cake persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan, agar kita lebih mudah dan cepat dalam proses pembuatannya, dan tidak akan berlama-lama di dapur karena pencarian alat.

Alat Ukur
Alat yang digunakan untuk mengukur bahan berupa timbangan, baik itu timbangan bahan yang manual atau elektrik, sendok ukur, gelas ukur/literan, dan mangkuk.

Alat Pengaduk
Alat pengaduk terdiri dari :

  • Pengaduk spiral atau pengaduk dari kawat : digunakan untuk mengaduk bahan sedikit (2-3 butir telur)
  • Mixer : digunakan untuk mengaduk bahan yang lebih banyak agar lebih mudah tercampur dan lebih cepat pembuatannya.
Mangkok Adonan
Gunakan mangkok adonan yang berkualitas baik, seperti dari plastik, maupun stainlessteel. Jangan menggunakan mangkuk adonan dari aluminium karena akan merubah warna adonan menjadi kehitam-hitaman dan mempengaruhi tampilan cake.

Sendok Karet / Sendok Kayu / Spatula
Gunakan alat ini untuk mencampurkan bahan-bahan kering ke dalam adonan. Untuk menghasilkan adonan yang rata gunakan sendok ini dengan arah gerakan memutar, sehingga membantu udara masuk ke adonan dan adonan tidak turun.

Pisau Palet
Pisau ini digunakan untuk mengoles dan meratakan cream mentega, cokelat cair, glazur pada waktu menghias agar permukaannya bisa tertutup rata.

Ayakan Tepung
Pilih ayakan yang berpori-pori halus agar tepung yang dihasilkan benar-benar butiran tepung yang halus. Butir-butiran tepung yang menggumpal sebaiknya dibuang.

Penggilas Adonan / Rolling Pin
Alat ini untuk mempipihkan adonan kue kering, pastry agar diperoleh adonan dengan ketebalan tertentu. Agar adonan tidak lengket, pipihkan adonan yang sebelumnya dilapisi dengan plastik.

Macam-macam Loyang / Cetakan
Gunakan loyang yang sesuai dengan jenis cake yang akan dibuat. Ketika akan membuat cake, pilihlah loyang yang tepat sesuai dengan anjuran yang ada. Bahan dari aluminium untuk loyang bongkar pasang atau tidak sangat baik untuk digunakan dan ketahuilah bagaimana cara penggunaannya.
Siapkan Loyang kotak atau bundar yang berukuran 18-20/22 cm dengan ketinggian 5-7 cm, loyang untuk cake gulung/roll cake dengan ketinggian 1-2 cm, loyang chiffon cake, serta macam-macam cetakan kecil untuk muffin/cup cake, dan berbagai cetakan yang memiliki bentuk dan ukuran tertentu.

Kawat Pendingin
Bentuk bulat/persegi digunakan untuk mendinginkan cake/kue dan sangat praktis dipakai ketika menyiramkan cokelat cair ke seluruh permukaan cake. Letakkan kawat pendingin di atas nampan beralas kertas roti, ini untuk emnampung sisa cairan cokelat.

Spuit Penghias
Dengan berbagai macam variasi bentuk ujung spuit seperti untuk motif bintang, kerang, pagar, bunga mawar, daun dan sebagainya. Masukkan spuit ke dalam kantong segitiga isi dengan krim dari mentega atau icing lainnya.

Kantong Penghias
Kantong penghias (piping bag) yang terbuat dari kertas dibentuk segitiga atau yang dari plastik diisi dengan cream mentega/icing lainnya. Untuk yang adonan cair, seperti cokelat cair, jelly gunakan plastik segitiga.

Sumber : Aneka Buku Cookies dan Cake Sajian Istimewa Idul Fitri